Energy Diary ( Compilation as per 23 July 2007)

July 23, 2007 at 8:16 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hari senin ini, harga minyak mentah turun setelah diberitakan bahwa OPEC mulai mengkuatirkan dampak potensial tingginya harga minyak terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. OPEC menyatakan siap memompa lebih banyak minyak ke pasar jika dibutuhkan . Namun para analis tidak melihat apakah akan ada tindakan nyata dari OPEC . Statement OPEC hanya usaha untuk meyakinkan pasar bahwa supply tersedia, apakah OPEC akan menaikan supply tahun ini atau tidak , masih belum jelas apakah akan ada perubahan dalam kebijakan OPEC dalam waktu dekat. Demikian dinyatakan Gerard Burg , Analis migas pada National Autralia Bank.

Analis mengatakan harga minyak turun dengan munculnya laporan yang diambil dari divisi riset OPEC yang menyatakan bahwa harga yang wajar bagi produsen dan konsumen saat ini adalah berkisar antara $60-65/barrel. Perusahaan negara Kuwait Petroleum Corporation (KPC) dalam laporan bulanannya mengatakan harga minyak mentah dalam kisaran $60-65/bbl adalah pantas untuk mendorong dan kondusif untuk investasi pada industri perminyakan dan dari sisi meningkatnya permintaan minyak bumi untuk tahun2 mendatang.

Harga kontrak minyak mentah NYMEX untuk pengiriman agustus turun 35 sen pada level $75.57 /barrel pada penutupan Jumat malam lalu (contract expiration). Sementara US Crude untuk pengiriman September diperdagangkan 31 sen lebih rendah pada level $75.48 pada 0009 GMT meneruskan penurunan semenjak Jumat malam.

Sebagaimana di laporkan International Oil Daily , Vol. 6, No.140, Senin 23 Juli 2007 perilaku pasar saat ini tidak sesuai dengan logika. Pada hari Jumat , saat dimana kontrak pengiriman minyak mentah untuk bulan Agustus ditutup, pengiriman untuk bulan September dan seterusnya berada dalam keadaan backwardation sampai dengan bulan Mei 2011. Backwardation adalah situasi dimana harga untuk pengiriman minyak mentah yang akan datang lebih rendah dari harga untuk pengiriman sebelumnya. Backwardation , secara teoritis, seharusnya menunjukan kelangkaan penawaran dipasar dan kurangnya insentif untuk menyimpan di inventory. Kenyataannya stok minyak mentah di Amerika hampir mencapai rekor tertinggi.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: