Energy Diary : What Moving The Market ( Compilation as per 02 July 2007)

July 2, 2007 at 2:34 pm | Posted in Uncategorized | 1 Comment

 

Tulisan ini di kompilasi dari Reuters dan Platts untuk berbagai publikasi sampai dengan 2 July 2007.

Pasar masih diwarnai dengan tingginya harga minyak mentah dan produk minyak. Walaupun sempat turun sedikit pada hari Senin, 2 Juli 2007 , harga minyak bumi masih tinggi dan mencapai puncaknya pada hari Jumat yang merupakan harga tertinggi selama 10 bulan terakhir.

Harga minyak mentah Brent diperdagangkan, pada hari Senin 2 Juni 2007 pada level $71.19/bbl atau turun 22 sen setelah sebelumnya naik $0.89/bbl pada hari Jumat 29 Juni 2007. Harga Minyak mentah WTI (West Texas Intermediate) juga diperdagangkan 23 sen lebih rendah ke level $70.68/bbl dibanding puncaknya pada hari Jumat setelah naik tajam $1.11/bbl. Harga Minyak mentah Brent lebih tinggi dari WTI , dan ini sudah semenjak Februari 2007 dan merupakan kondisi yang tidak umum. Biasanya WTI lebih tinggi dibanding Brent. Selisih Brent-WTI adalah faktor yang paling signifikan yang menentukan harga dan volume perdagangan minyak mentah transatlantik.

Tingginya harga minyak ini, didorong penurunan tajam stok gasoline di Amerika Serikat. Menurut reuters, dalam Top Energy News, terjadi drainase inventory 700,000 barrels minggu ini yang mana drainase ini mengkounter ekspektasi kenaikan 1.2 juta barrel atas stok gasoline. Stok gasoline dan distillate di Amerika Serikat saat ini adalah 6 persen lebih rendah dibanding stok tahun lalu.

Turunnya stok gasoline lebih dikarenakan kelangkaan supply dari impor dikarenakan refinery2 di Amerika Serikat berada pada higher run. Conocco-Phillips merencanakan untuk merestart unit gasoline-making pada hari Jumat ini, sementara 2 crude unit pada refinery BP di Indiana , yang merupakan refinery terbesar ke lima di Amerika Serikat, diharapkan berada highest run pada minggu kedua dan ketiga Juli 2007 setelah sebelumnya sempat tidak beroperasi karena kebakaran di bulan April.

Sementara itu, untuk pasar Asia, harga resmi (Official Selling Price;OSP) minyak mentah Tapis Malaysia untuk bulan Juni ditetapkan $79.59/bbl atau naik $1.53 dibanding OSP Tapis Mei 2007. Harga OSP Tapis adalah rata2 APPI (Asian Petroleum Price Index) bulan Juni 2007 (sebesar $76.89/bbl) di tambah adjustment factor ($2.70/bbl).

Front Mont ICE Brent rata2 untuk periode yang sama dengan rata2 APPI Tapis Juni adalah $70.55 berarti terdapat perbedaan Tapis – Front Month ICE Brent sebesar $6.34 per barrel. Sedang selisih Tapis-Brent turun menjadi $1 dibanding bulan lalu . Walaupun sudah turun , selisih Tapis-Brent masih cukup besar dan akan memberikan tekanan pada Spot Differential dipasar Asia Pasifik.

Harga resmi minyak mentah Minas (ICP Minas) ditetapkan oleh BP Migas untuk bulan Juni 2007 sebesar $68.30 per barrel atau naik 24 sen dibandingkan ICP Minas May 2007. Penetapan ICP Minas masih menggunakan formula lama 47.5% Platts Minas + 47.5% Rim Minas + 5 % APPI Minas , sebelumnya BP Migas berencana mengganti formula ICP Minas menjadi 50% Platts Minas + 50% Rim Minas.

 

Pasar Produk Minyak Asia

Minggu ini harga produk minyak Singapura diperkirakan akan menguat akibat ketatnya supply dan tingginya demand pull dari negara2 Barat, kecuali fuel oil akibat menurunya kebutuhan impor China.

Harga Naphtha untuk pasaran Asia akan berada pada level yang cukup kuat dan diperkirakan akan menarik arbitrasedari negara2 Barat dan mendorong permintaan terhadap butane sebagai alternatif feedstock petrokimia, East-West spread saat ini sudah mencapai $34 per ton yang merupakan break even point untuk dilakukannya supply arbitrage. Dengan harga butane yang saat ini , 90 persen dari harga naphtha , sangat mungkin produsen2 petrokimia men-switch feedstocknya ke butane.

Supply gasoil dan jet-fuel juga akan ketat dalam minggu ini didukung Exxon-Mobile refinery yang telah memulai turn-around kilangnya yang berkapasitas 309,000 barrel per hari di Singapura. Saat ini permintaan low-sulphur gasoil sedang tinggi dari negara Chile , dimana terdapat pengiriman gasoil dari Korea Selatan yang lebih besar dari biasanya ke Chile.

Regrade (selisih harga jet-fuel terhadap gasoil) juga didukung oleh pembelian besar dari China Aviation untuk bulan Agustus sebesar 310,000 ton.

 

 

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Numero uno…

    Bagus tulisannya, kalo bisa dibuat berseri…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: