Permasalahan Aktual Dated Brent : Assessment Platts, Forties dan North Sea Nexen’s Buzzard

June 27, 2007 at 11:57 am | Posted in Uncategorized | Leave a comment

International Oil Daily Vol. 16 no.118 , hari Rabu 20 Juni 2007 dan vol.16 no. 112, hari Selasa 12 Juni 2007 melaporkan perkembangan terbaru mengenai North Sea Crude yaitu heavy maintenance pada ladang minyak Forties yang akan berlangsung di bulan Juli 2007 sampai pertengahan Agustus 2007 dan dampaknya pada kompleksitas global benchmark dated brent.

Merupakan suatu hal yang rumit mengkaitkan bagaimana maintenance di ladang minyak Forties membuat komplikasi pada mekanisme harga dtd brent dan memberikan “knock on effect” pada harga minyak global. Oleh karena itu , kita singgung sedikit basic dari brent complexities .

 

Paper dari Caumon dan Brower (July 2004) “Redefining The Convenience Yield in The North Sea Crude Oil Market” (bias di download gratis di Oxford Institute ) memberikan penjelasan kompleksitas pasar atas minyak mentah Brent yang merupakan suatu kompleksitas keterhubungan 4 elemen :

i. Brent Forward Contract

ii. Dated Brent (physical atau Spot)

iii. IPE Brent Futures

iv. Brent Swaps and Option

Produksi fisik Brent mulai menurun pada pertengahan 1990-an dan ditahun 2002 produksinya kurang dari 20 cargo per bulan. Hal ini memudahkan suatu pihak membeli seluruh produksi Brent dan menerapkan classical squeeze (yang paling popular adalah Arcadia’s , anak perusahaan perusahaan trading Mitsui, Squeeze ). Lack of liquidity atas Brent sebagai benchmark harga minyak mentah ditanggapi pada 10 July 2002 oleh Platts dengan memasukan 2 minyak mentah yang paling dekat karakteristiknya dengan Brent yaitu Oseberg dan Forties. Pada 8 Juni 2007, Platts memasukan minyak mentah Ekofisk sebagai BFOE 21 day Forward Contract untuk menambah likuiditas pasar.BFOE (Brent-Forties-Oseberg-Ekofisk) adalah kuartet grade minyak mentah yang digunakan untuk men-set benchmark harga minyak mentah dated Brent. Harga Dated Brent ditentukan oleh Platts sebagai yang termurah pada kuartet BFOE. Penjual BFOE dapat memilih minyak mentah mana yang harus dikirim diantara 4 grade tersebut. Pembeli harus menerima keputusan dari penjual.

Permasalahan sekarang ini ladang minyak Forties akan tidak berproduksi antara akhir July sampai dengan pertengahan Agustus 2007. Yang dimaksud Forties dalam BFOE adalah Forties Blend yaitu campuran minyak mentah Buzzard dan Forties. Proporsi Buzzard naik di bulan Juli 26 persen dan 32 persen di bulan Agustus. Buzzar, minyak mentah medium dan sour, adalah UK North Sea’s largest oil field , puncak produksinya adalah di bulan July 2007 sebesar 200 mbpd. Melimpahnya Buzzard dan maintenance pada Forties menyebabkan turunnya kualitas dan harga. Sebelumnya Forties Blend mempunyai gratifitas 41.8 API dan sulfur 0.49 persen dengan adanya maintenance gratifitas Forties akan turun dibawah 38 API dan sulfurnya naik 0.95 persen. Dalam keadaan ini assessment pada pasar BFOE tidak mencerminkan lagi North Sea Light and Sweet Crude Oil tetapi lebih ke Medium dan Sour. Forties umumnya dijual premium terhadap dtd Brent , dengan kondisi seperti ini Forties dijual dengan diskon terhadap dtd Brent. Jika penurunan kualitas pada Forties Blend dibiarkan terjadi dan itu menjadi bagian assessment , hal ini akan menyebabkan harga dtd brent berada pada antara harga minyak mentah Flotta (Sweet , Medium) yang memberikan “knock down effect” pada harga minyak mentah dunia (mengingat banyaknya harga minyak mentah yang terkait dengan dtd Brent). Oleh karena itu , pada 7 Juni Platts menggunakan standard baru untuk setiap crude pada BFOE assessment . Minimum standardnya gratifitas adalah 37 API dan sulfurnya 0.6 persen.

Penetapan standar ini berakibat terdistorsinya harga dan volatilitas yang tidak diinginkan pada dtd brent. Platts akan diarahkan oleh projeksi kualitas dari crude operator yang mana projeksi kualitas ini cenderung berfluktuasi.

Distorsi pasar terjadi baru-baru ini, pada tanggal 18 Juni 2007 Totsa menjual minyak mentah Forties ke British Petroleum untuk loading 1-3 July 2007 dengan harga dtd Brent – 10 sen. Transaksi ini tidak masuk dalam Platts assessment windows karena Totsa tidak dapat memberikan jaminan bahwa cargo tersebut memenuhi spesifikasi baru. Sebagai akibatnya Platts meng-assess Fotrties dengan harga dtd Brent + 65 sen. Ada 75 sen diskrepansi , yang dikatakan oleh salah satu trader minyak sebagai infleksibilitas metodologi Platts yang memaksa mereka memperdagangkan minyak mentah yang tidak ada.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: